Kamis, 18 September 2014

5 Tips Servis Motor Kesayangan Anda

Revolusi Ilmiah - Persiapan servis

Manfaatkanlah hari libur anda untuk menservice motor kesayangan anda di rumah. Tenang gak usah khawatir gak bakal ribet deh. Karena dengan mengikuti 5 langkah praktis di bawah ini, dijamin enggak bakal merepotkan tapi menyenangkan lhoo... Ayo langsung di praktekan dengan mengikuti 5 langkah di bawah ini:

1. FILTER UDARA

Karena fungsinya menyaring udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge atau kertas bisa langsung di bersihkan. Namun filter jenis viscos element (Honda Vario, Beat dan Yamaha Mio), harus diganti.
Cara Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila bahan busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih. Tapi Jangan dipelintir ya, soalnya bisa gampang rusak, sobek dan jadi melar. Setelah diperas permukaan busa dilumuri oli SAE 10W-40 secukupnya. Pastikan pakainya oli baru biar hasilnya OK.

Revolusi Ilmiah - Bagian Motor

2. KARBURATOR

Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Nah agar suplai bahan bakar ke ruang bakar enggak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.
Untuk bersihin-nya, gak musti bongkar karburator. bersihinnya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada boks filter udara. Semprotkan beberapa kali, dengan mesin dalam keadaan hidup. Saat cairan disemprotkan dalam karburator secukupnya sampai di rasa karburator  bersih, dan jangan lupa  gas di mainkaan saat di semprotkannya cairan pembersih karburator.

3. RUANG BAKAR

Akibat dari proses pembakaran, biasanya ruang bakar akan ada penumpukan kerak/kotoran oli. Terutama pada kubah kepala silinder. untuk membersihkannya, harus membongkarnya. Tapi sekarang dapat dilakukan sendiri dengan cara ringan oleh pengguna motor pemula Caranya menyemprotkan cairan engine conditioner  ke dalam ruang bakar secukupnya Melalui lubang busi. Lalu baru pasang lagi busi dan nyalakan mesinnya. Hasilnya kalau memang ruang bakar dalam kondisi kotor, maka asap hitam akan keluar dari knalpot. Lakukan beberapa kali, sampai asap item hilang dan ruang bakar bersih.

4. BUSI

Sama dengan ruang bakar, karena proses pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Bila ini dibiarkan, maka proses pembakaran terganggu dan kurang enaak tarikannya, akibat dari minimnya letikan api dari busi untuk membakar uap bensin. Agar hal itu gak terjadi, kepala busi mesti dibersihkan dari kerak/kotoran pembakaran yang menempel pada kepala busi. Caranya bersihkan bagian tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan cara di ampelas atau bisa juga dengan sikat kawat sampai benar – benar bersih dari kerak, kalau sudah bersih busi di pasang lagi lalu mesin di hidupkan rasakan hasilnya.

5. RANTAI

Apabila rantai Kendor,kering dan berdebu, akan membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang ini akan kurang maksimal untuk berjalan. Nah untuk membuatnya kembali tokcer, perlu di setel lagi dengan ukuran 2,5 – 3 cm , Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru agar rantai dapat berputar dengan licin. Cara yang lebih praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak kering, rantai juga bebas debu dan roda belakang akan berputar dengan maksimal.
Tetap semangat dan jangan takut mencoba..
Berani mencoba ada 2 kemungkinan Gagal dan berhasil, tidak berani mencoba ada 1 kemungkinan GAGAL. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar