Rabu, 01 Juni 2016

Top 10 Negara Terkuat di Dunia

Sejumlah survei ilmu politik telah mengatakan bahwa negara-negara berikut adalah yang terkuat saat ini:
1. Amerika Serikat
negara terkuat di dunia
AS merupakan negara dengan perekonomian terbesar saat ini serta memiliki tentara yang terkuat di dunia. Negara ini juga memiliki tradisi demokrasi yang sangat kuat. AS diberi julukan sebagai negara adidaya dan medianya memiliki pengaruh yang sangat besar. Sejak meraih kemerdekaannya, AS secara mandiri dapat membangun kekuatannya hingga menjadi sebesar saat ini. Negara ini juga mengontrol dunia internasional dan merupakan bagian dari sejumlah badan berpengaruh di dunia.

2. Rusia
negara terkuat
Rusia memiliki tentara terkuat kedua dan mengontrol sejumlah negara di kawasan Asia Tengah. Negara ini memiliki populasi yang sangat besar dan didukung dengan wilayahnya yang luas pula. Faktor-faktor ini memungkinkan Rusia untuk tetap independen dan mencegah kekuatan eksternal untuk ikut campur tangan dalam isu-isu politik, ekonomi dan keuangan negara. Karena ukurannya, Rusia memiliki sumber daya untuk menjadi negara adidaya.

3. Tiongkok
 http://assets.kompas.com/data/photo/2013/09/10/1540076china-flag-lawyers-007780x390.jpg
Tiongkok dikatakan memiliki Produk Domestik Bruto ke-4 terbesar di dunia. Negara ini telah memperoleh supremasi baru-baru ini melewati Inggris dan Perancis. Tiongkok memiliki tentara dan potensi yang besar untuk menjadi negara terkuat di dunia.

4. Perancis
negara terkuat
Perancis adalah bagian dari Dewan Keamanan PBB dan dikatakan negara terkuat kelima di dunia. Negara ini adalah kekuatan nuklir yang besar dan mempengaruhi banyak negara-negara Afrika. Prancis memiliki tentara yang besar pula yang membantunya dalam menjaga hukum dan ketertiban. Perancis merupakan anggota dari ekonomi G7 dan bagian dari Uni Eropa.

5. Inggris
negara terkuat
Inggris adalah bagian dari Dewan Keamanan PBB juga. Negara ini memiliki senjata nuklir yang kuat dan demokrasinya dianggap sebagai salah satu yang paling stabil di dunia. Sebagai ekonomi G7 dan sebagai negara terkemuka di berbagai bidang seperti musik, film dan media, negara ini memiliki pengaruh besar ketika datang ke dunia politik. Inggris juga merupakan bagian dari Uni Eropa.

6. Jepang
negara terkuat di dunia
Jepang memiliki ekonomi yang sangat besar dan merupakan kekuatan demokrasi terkemuka. Populasi negara ini cukup besar tapi karena persaingannya sangat ketat, Jepang berada di bawah Amerika Serikat, China, Prancis dan Inggris.

7. India
negara terkuat
India adalah salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia di bawah Tiongkok. Ekonominya tumbuh pada tingkat yang mengejutkan dan kepemilikan senjata nuklirnya membuat India menjadi semakin kuat.

8. Jerman
negara terkuat di dunia
Jerman memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia dan menjadi negara terkuat secara ekonomi diantara anggota Uni Eropa. Namun, Jerman terkena dampak yang sangat besar selama dua Perang Dunia yang menghambat pengaruhnya atas dunia.

9. Pakistan
negara terkuat di dunia
Pakistan memiliki populasi Muslim yang sangat besar dan senjata nuklir yang kuat. Negara ini adalah sebuah negara kesatuan tapi karena menghabiskan sumber daya yang besar pada kediktatoran militer, menyebabkan Pakistan tidak menjadi benar-benar kuat. Selain itu, meskipun memiliki sumber daya yang baik, pertempuran dengan India telah membuat negara ini menjadi sangat lemah. Seandainya Pakistan dapat mengkombinasikan dengan baik sumber daya yang dimiliki dengan keseimbangan politik, maka negara ini akan mampu menjadi lebih kuat.

10. Brazil
negara terkuat
Brazil adalah negara yang sangat luas dan merupakan bagian dari Amerika Latin. Brasil juga merupakan negara dengan populasi berbahasa Portugis terbesar di dunia. Selain itu, media negara ini cukup stabil dan hubungan dengan seluruh negara di dunia cukup aman.

2 komentar: