Sabtu, 12 Mei 2012

Cassano: Aku Sempat Tak Percaya Tuhan

 
Striker AC Milan, Antonio Cassano.


TANGGAL 30 Oktober 2011, semua pemain AC Milan bahagia. Mereka meninggalkan Roma dengan lega, suka, dan bangga. Sebab, mereka mampu meraih kemenangan 3-2 atas tuan rumah dalam lanjutan Liga Serie-A.

Di atas pesawat, mereka pun bercanda dan tertawa. Namun, saat turun dari pesawat dan pindah ke bus, tiba-tiba salah satu bintang mereka, Antonio Cassano, terdiam. Bahkan, ia sempat menunjukkan perilaku aneh. Bahkan, ia kemudian tak bisa bicara. Ternyata, Cassano terkena serangan stroke.

Kariernya terancam. Namun, dia kemudian menjalani perawatan dengan baik. Bahkan, dia juga menjalani operasi jantung yang memang bermasalah. Setelah lima bulan, dia akhirnya bisa bermain lagi. Meski begitu, bukan perkara mudah melewati masa-masa sulit yang juga mengancam hidupnya itu.

Cassano termasuk jarang mau diwawancarai panjang lebar. Namun, kali ini dia menjelaskan banyak hal soal pengalaman mengerikan itu kepada Milan Channel. Bahkan, ia sempat berbicara emosional dan sambil menangis. Berikut hasil wawancaranya.

Kamu sangat jarang mau diwawancarai panjang. Kenapa?

"Aku lebih suka membantu orang lain. Sehingga, aku tak bisa menikmati pembicaraan tentang diriku sendiri."


Apakah kamu merasakan tanda-tanda setelah pertandingan melawan Roma?

"Aku malah merasa baik setelah pertandingan lawan Roma itu. Bahkan, aku merasa bahagia bisa bermain, meskipun aku turun sebagai pemain cadangan. Di pesawat (dalam perjalanan pulang ke Milan), aku membuat keributan dan merasa sangat senang."


Lalu, bagaimana bisa terkena stroke?

"Semua terjadi secara tiba-tiba, ketika aku turun dari pesawat dan pindah ke bus yang akan membawa kami ke terminal. Aku merasa pusing dan pata kiriku tak bisa meliat. Dokter memintaku untuk ke rumah sakit. Tapi, aku tak mau dan kami akhirnya berdebat tentang hal ini sampai sekitar setengah jam."

Lalu apa yang terjadi?

"Ketika kami akhirnya memutuskan (ke rumah sakit), dalam perjalanan ke rumah sakit aku mulai kesulitan bicara. Aku bisa berpikir jernih, tapi tak ada kata-kata yang bisa kukeluarkan dari mulut. Pada saat itu, aku hanya berpikir bisa bertemu putraku sekali lagi."


Bagaimana perasaanmu setelah sembuh?


"Aku sangat senang mendapat begitu banyak kasih sayang dari siapa saja, baik di dunia sepak bola maupun di luarnya. Mereka bisa memahami bahwa aku 'gila', tapi aku jujur dan otentik."
Bagaimana istri dan putramu?

"Istri dan putraku sangat penting. Mereka elemen fundamental bagiku dan aku selalu meminta kepada dokter untuk menjelaskan kepadaku tentang kebenaran. Aku senang petugas kesehatan selalu menjelaskannya dengan baik."

Kamu percaya Tuhan?

"Aku bukan orang yang percaya kepada Tuhan. Tapi, sekarang setelah masalah jantung itu, aku tak merasa seperti itu lagi, bahkan dalam pikiranku. Mungkin ini sebuah takdir, aku kembali ke lapangan hanya beberapa saat sebelum hari Paskah."

Bagaimana keadaanmu?

"Aku merasa baik-baik saja dengan siapa pun di sini, dengan pemain termuda sampai yang sudah jadi bintang. Aku kira Alexandre Pato merupakan pemain terbaik kedua di dunia di belakang Leo Messi. AKu berharap cederanya segera sembuh, sehingga bisa kembali ke bentuk permainan terbaiknya lagi."

Bagaimana perasaanmu menjadi pemain Milan?

"Ketika baru sepuluh hari bergabung dengan Milan, aku merasa berada di surga. Tapi, sekarang aku merasa lebih baik lagi, karena mereka memperlakukan diriku seperti raja. Mereka yang meninggalkan Milan cenderung akan menyesal."

Gennaro Gattuso, Pippo Inzaghi, Alessandro Nesta, dan Clarence Seedorf bakal meninggalkan Milan. Pendapatmu?

"Aku merasa sangat sedih, karena mereka akan meninggalkan kami dan akan langsung menyesal. memang benar, ada saatnya orang harus membuat pilihan, seperti yang dijelaskan Nesta kemarin. Aku yakin dia masih bisa bermain bagus di sini dengan cara mengurangi jumlah bermain. Tapi, ini sudah menjadi keputusannya. Ini menjadi kehilangan besar bagi kami. Aku ingin bicara dengannya agar mengubah pikirannya."

Bagaimana tentang kegagalan Milan mempertahankan scudetto musim ini?


"Kami memiliki jutaan cedera pada pemain. Jika tak ada gangguan cedera, mungkin kami sudah menang dengan keunggulan enam atau tujuh poin. Kami tim terkuat di Italia, sangat jelas jika dibanding dengan klub lain. Kami tak sekonsisten Juve pada musim ini. Tapi, kami akan memulai musim baru untuk memenangkan segalanya."

Apa arti sepak bola buatmu?


"Aku hanya tahu bagaimana berbicara tentang sepak bola, karena tak memiliki alternatif lain. Aku mengikuti setiap liga dan itu sering menyebabkan aku cekcok dengan istriku. Sebab, aku tak pernah berhenti menonton sepak bola."

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar